Minggu, 19 April 2015

Desain Rumah Minimalis Agar Tidak Terasa Sempit

Banyak orang yang mencari desain rumah minimalis sederhana 1 lantai yang mempunyai 3 kamar tidur. Rumah dengan 3 kamar tidur ini cocok bagi keluarg yang terdiri ayah ibu dan putra putri yang berbeda jenis kelamin. Selain soal privasi juga memberikan kenyamanan bagi setiap anggota keluarga.

Dalam mendesain rumah minimalis sederhana  perlu memperhatikan  sirkulasi udara yang masuk haruslah cukup. Karenanya penentuan kamar tidur sebanyak 3 ruangan ini harus diperhatikan betul, jangan asal-asalan. Manfaatkan ruang yang tersisa  untuk aliran udara ruang tidur dan ruang ruang lain. Namun, perlu diingat juga ruang ini tetap harus mendapatkan akses perawatan.

Untuk ruang kecil seperti toilet, musholla dan gudang mengambil ruang ruang antara dan sisa secara cerdik, karena setiap ruang  akan mengambil sekitar seperempat dari ruang yang seharusnya. Dengan melakukan hal ini kita sudah melaukan penghematan ruangan.

Dapur disarankan menjadi akses alternatif masuk dan keluar, selain akses utama di teras dan ruang tamu/ruang keluarga. Dengan melakukan hal ini privasi anggota keluarga tetap terjaga, kan? Jika space terasa rumah anda ternyata masih cukup,  bisa dijadikan alternatif ruangan untuk menerima tamu yang tidak begitu kita kenal. Ruang tamu yang ada di dalam rumah hanya kita gunakan untuk menerima kunjungan dari teman, relasi atau kerabat yang sudah kita kenal baik.

Sesuaikan pemilhan warna sesuaikan dengan tema bangunan yang anda inginkan. Misalnya saja jika anda menggunakan ornamen batu pada dinding luar ruma, maka pilihan warna cat yang bernuansa natural atau lembut akan lebih cocok.

Sementara itu untuk pemilihan atap jika ingin tampil beda, bisa ditambahkan permainan plat beton di beberapa sisi. Nantinya anda juga bisa menambhkan tanaman rambat yang menjulur, sehingga akan memberikan kesan yang sejuk terhadap rumah anda.

Bila lingkungan rumah dirasa aman, anda bisa mengabaikan pemasangan pagar. Namun jika ingin merasa lebih aman, ada baiknya untuk menyediakan sisi sisi penyambung antara ruang dalam dan luar rumah untuk meenjaga area privasi rumah .
Sumber: http://duniaarsitektur.com/desain-rumah-minimalis-sederhana-1-lantai-3-kamar-tidur/

Sumber gambar: http://nul.is/denah-desain-rumah-sederhana-minimalis-modern/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Rumah Minimalis Agar Tidak Terasa Sempit