Sabtu, 16 Mei 2015

Desain Rumah Minimalis Ala Jepang Yang Memadukan Konsep Tradisional dan Modern

Desain Rumah Minimalis Ala Jepang Yang Memadukan Konsep Tradisional dan Modern
Anda tentunya pernah menyaksikan film yang mengambil seting desain rumah-rumah Jepang. Rumah ala Jepang  ini mempunyai ciri khusus yang mudah dikenali. Yakni adanya keseimbangan antar elemen keindahan dan kesederhanaan. Luasnya ruangan di setiap bagian rumah, akses yang mudah dan lebar untuk mendapatkan  pemandangan  di luar rumah dan tentu saja  unsur kebersamaan  yang kental.  Pada rumah bergaya Jepang ini mempunyai ruang untuk berkumpul dengan akrab bagi penghuninya.

Yang menjadi filosofi pembangunan rumah minimalis ala Jepangadalah filosofi Sabi.  Filosofi ini menganut keseimbangan dalam desain dan dekorasi. Sabi menekankan penggunaan perabot dan dekorasi yang tidak terlalu sesak, serta saling mengisi satu sama lain. Dekorasi Ruangan ala Jepang biasanya juga cukup sederhana, seperti yang ditunjukan pada ornamen lukisan dinding, aksen pada pintu geser, tatami, meja, bantal duduk, dan lampu. Sedangkan untuk dekorasi tambahan semisal vas, jam, lemari, TV atau rak pedang dikondisikan sesuai dengan aktifitas penghuninya. Makanya, tidak mengherankan kalau menyebut rumah Jepang maka identik dengan rumah yang luas dan irit perabotan.

Sejak dulu sampai sekarang konsep ini masih banyak yang mempertahankan, bahkan kita masih  bisa menyaksikannya untuk inteior rumah-rumah Jepang yanng bergaya mewah. Anda juga bisa menerapkan konsep ini di rumah dengan gaya yang tetap modern. Untuk pintu rumah, kita bisa memberikan  sentuhan modern, misalnya saja  dengan menggunakan pintu geser model French Door untuk menggantikan gaya  pintu geser kertas.  Gunakan lantai kayu pada rumah dengan perabotan meja rendah di tengahnya. Bila ingin menggunakan sofa, gunakan seefektif dan seminimal mungkin. Perabotan lain di rumah Jepang juga lebih dominan menggunakan bahan kayu tanpa membuat ruangan jadi sesak.

Secara tradisional, orang-orang Jepang mempunyai konsep kekeluargaan yang kuat meskipun masing-masing anggotanya mempunyai kesibukan yang luar biasa. Untuk acara makan, menjadi agenda wajib untuk diikuti oleh seluruh bagian keluarga. Karenanya, jadikan ruang makan di rumah anda menjadi sebuah ruangan yang nyaman dan hangat. Di sini kita bisa memasang  kursi dan meja kayu, hiasan minimalis, dekorasi lukisan ala Jepang dan menyimpan 1-2 tanaman hias di dalamnya.

Sumber Kutipan: inforumahminimalis.com
Sumber Gambar: homeinteriorlovers.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Rumah Minimalis Ala Jepang Yang Memadukan Konsep Tradisional dan Modern