Sabtu, 23 Mei 2015

Inilah 3 Keuntungan Memiliki Arsitektur Rumah Sudut (Hook)

Inilah Keuntungan Memiliki Arsitektur Rumah Sudut (Hook)
Punya rumah dengan kapling yang berada disudut (hook) menjadi idaman kebanyakan orang karena memberikan banyak keuntungan, Makanya tidak heran kalau rumah yang berada di posisi ini mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Kira-kira keuntungan apa yang bisa dimiliki dengan mempunyai rumah sudut, ya? 

Berikut ini paparan yang disampaikan oleh Anna Hape di situs resminya. Setidaknya ada 3 keuntungan yang diproleh dari sebuah rumah hook. Keuntungan itu adalah tersedianya tambahan lahan , kekayaan penampilan rumah dan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang lebih optimal. Mari kita ulik lebih detil ketiga keuntungan ini.

1.     Tambahan lahan
Biasanya, untuk  perumahan atau cluster, ukuran rumah-rumah tinggal pada setiap blok mempunyai ukuran yang sama besarnya. Namun rumah hoek berada di atas tanah yang lebih luas karena adanya ketentuan  Garis Sempadan Bangunan (GSB) atau Garis Muka Rumah (GMR). GSB/GMR ini berhubungan pula dengan GSJ atau Garis Sempadan Jalan yaitu batas pekarangan terdepan atau batas terdepan pagar.
Karena  adanya GSB dan GSJ ini, menyebabkan  adanya  lahan/ruang terbuka antara dinding dan pagar rumah.yang tidak boleh diisi oleh  bangunan masif.  Namun untuk bagian rumah seperti teras, carport, bambu atau gazebo sebagai pelengkap design taman samping rumah masih diperbolehkan karena tidak dikategorikan sebagai  bangunan masif.

2.     Kekayaan penampilan rumah
Maksud kekayaan ini adalah kemungkinan menjadikan rumah tinggal dengan dua fasad. Dengan keuntungan seperti ini desain rumah bisa menjadi lebih dinamis dan variatif namun tetap mengalir, bahkan bila rumah yang berada di posisi ini adalah rumah dengan desain minimalis. Dua fasad juga bisa diartikan dengan adanya dua pintu masuk rumah. Rumah yang mempunyai  lebih dari satu pintu biasanya juga disebut rumah tinggal  majemuk.

3.     Optimalisasi sirkulasi udara dan pencahayaan alami.
Karena berefungsi  dua fasade, maka rumah  hook akan mendapatkan urusan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang lebih optimal dari banyak sisi. .Manfaatkan kondisi ini dengan  membuat banyak bukaan. Misalnya kita bisa menambahkan  pintu lipat, jendela ataupun jaluzi.

Selain keuntungan, tentu saja ada resiko yang ditanggung oleh pemilik rumah hook ini, yakni anggaran dana yang dibutuhkan jauh lebih besar. Terlepas dari itu, tentu saja resiko ini sebanding dengan keuntungan yang didapatkan. Apalagi rumah hook mempunyai nilai ekonomis yang tinggi bila sewaktu-waktu anda berencana untuk menjualnya.

Sumber Kutipan: annahape.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 3 Keuntungan Memiliki Arsitektur Rumah Sudut (Hook)