Sabtu, 30 Mei 2015

Perhatikan Ini Kalau Berencana Renovasi Rumah Minimalis Anda

Perhatikan Ini Kalau Berencana Renovasi Rumah Minimalis Anda
Anda berniat untuk merenovasi rumah? Ada banyaak hal teknis yang harus diperhatian. Kalau tidak mau pusing dalam membuat perencanaannya, akan lebih baik kalau soal ini diserahkan sama ahlinya saja. Setidaknya ada 8 hal yang perlu diperhatikan kalau berencana untuk merenovasi rumah minimalis Anda. Apa saja itu? Ini dia


Struktur Bangunan
Bagian dari struktur bangunan seperti: pondasi, balok penyangga, atau tiang-tiang beton tidak boleh diabaikan saat proses renovasi. Memasang scara asal-asalan akan berisiko terhadap rumah. Selain itu slah memasang juga akan membuat proses pembangunan rumah jadi mulur. Serahkan saja pemasangan bagian-bagian ini  kepada ahlinya yang memang betul-beul tahu cara pemasangan yang benar dan tepat. Anda bisa meminta bantuan arsitek atau kontraktor profesional untuk pemasangan struktur bangunan ini.
Instalasi Listrik
Salah memasang instalasi listrik juga sama berbahayanya untuk rumah Anda. Memasang instalasi listrik akan berbeda dengann memasang stop kontak atau lampu, karena secara teknis perlu skill yang lebih dibanding pemasangan   sambungan listrik seperti stop kontak, misalnya. Jangan gegabah demi mengirit tapi membahayakan bagi seisi rumah. Cobalah untuk menghubungi ahli listrik yang profesional agar Anda merasa aman dan tenang.
Atap
Komponen-komponen  yang menyusun atap terdiri dari struktur atap (rangka atap dan penopang rangka atap), penutup atap (genteng, polycarbonate ), dan pelengkap atap (talang dan lisplang).  Salah mengestimasi waktu dan mengabaikan faktor cuaca bisa membuat waktu  dan biaya yang diperlukan jadi membengkak.
Saluran Air dan Pembuangan
Sekilas tampak sepele, tapi vital juga bagi rumah. Tentunya Anda tidak mau mengalami keadaan saluran pembuangan yang mampet, kan? Sama halnya dengan komponen lain,  pemasangan pipa-pipa saluran air dan pembuangan harus tepat dan benar. Memasang pipa-pipa saluran air dan pembuangan jelas berbeda dengan teknik memasang keran air. Percayakan saja sama ahlinya.
Kayu
Pekerjaan seperti membuat dan memasang kusen, jendela, dan pintu, tentunya tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ukuran yang salah akan membuat dana waktu juga terbuang percuma. Pastikan kalau tukang kayu yang Anda mintai jasanya benar-benar punya keahlian  yang dibutuhkan, termasuk harganya yang wajar.
Wabllpaper
Tampak terlihat mudah, tapi kalau salah sedikit saja memasang wallpaper akan membuat pekerjaan in jadi kacau. Jangan ambil risiko dengan memasang sendiri kalau tidak yakin bisa mengerjakan pemasangan wallpaper dengan rapi dan mulus.
Memasang Lantai
Salah memasang lantai rumah akan membuat polanya jadi tidak simetris. Hasilnya tentu akan membuat ‘sakit mata’ dan mengecewakan. Selain itu, beda bahan lantai juga beda cara memasangnya. Selain polanya yang simetris, diperlukan skill yang cukup untuk memastikan kalau lantai yang dipasang kuat melekat dan tidak mudah terangkat.
Cat
Memang bisa menghemat anggaran dengan mengecat sendiri rumah atau mengajak anggota keluarga untuk melakukan hal ini. Akan tetapi tanpa kemampuan yang baik, akan membuat hasil pemulasan dinding jadi tidak sama. Mungkin ada yang terlalu tebal, atau terlalu tipis. Ada banyak hal yang harus diperhatikan bila akan mengecat rumah, misalnya saja memilih jenis cat, takaran ideal antara cat dan material campurannya, belum lagi alat yang digunakan seperti roll atau kuas juga memerlukan teknik dan pengulangan yang berbeda untuk menghasilkan tampilan dinding yang rapi, mulus dengan ketebalan yang cukup.

Sumber: tabloidnova.com

Gambar: alguireconstruction.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perhatikan Ini Kalau Berencana Renovasi Rumah Minimalis Anda