Sabtu, 09 Mei 2015

Desain Interior Sekat Rumah Minimalis Praktis Pengganti Tembok

Desain Interior Sekat Rumah Minimalis Praktis Pengganti Tembok
Punya rumah minimalis kecil memang menuntut kreatifitas kita untuk mengatur ruangan dan perabotan agar tidak sempit. Salah satu ciri khas dari  rumah minimalis memang tidak terlalu banyaklekuk antar ruang dan minim dinding agar memberi kesan luas.

Untuk membatasi ruang tidur dan kamar mandi, dinding masif bisa dibilang mutlak. Namun untuk membatasi ruangan lainnya seperti ruang tamu, keluarga dan ruang makan masih bisa dikurangi agar rumah minimalis terasa lega dannyaman. Bila anda masih bingung bagaimana menata ruangan sekaligus mencari desain sekat ruangan yang praktis namun tetap ciamik cobalah simak tips yang diberikan oleh Anna Hape. Dengan mengaplikasikan cara penyekatan ini kita masih mempertahankan pencahayaan alami dan sirkulasi udara untuk rumah minimalis.

Bukaan lebar
Bukaan lebar   bisa kita terapkan di ruang tamu dan ruang makan. Bentuknya  bisa berupa pintu geser atau pintu folding. Bukaan yang lebar ini mengarah ke keluar rumah yaitu ke taman/kolam dan ke teras. Bukaan lebar juga  bisa diaplikasikan untuk ruang tidur utama, asalkan mempunyai teras atau taman privat.
Dengan bukaan lebar ini kita bisa mempertahankan prinsip utama rumah minimalis modern, yaitu aspek pencahayaan alami dan sirkulasi udara. Selain itu  bila kita membutuhkan ruang yang lebih luas bila mengadakan acara keluarga, rumah minimalis maish bisa menampung undangan yang hadir dengan mudah dan cepat. 

Partisi yang dapat dipindahkan
Masih banyak rumah minimalis modern yang mendesain ruang tamunya jadi lebih kecil, bahkan sampai menghilangkannya. Selain keterbatasan ruang, keluarga modern juga jarang menerima tamu yang perlu ruang tamu khusus. Untuk hal yanng satu ini kita bisa memasang  sebuah partisi yang dapat dipindahkan/digeser/dilipat. 

Partisi Imaginer
Partisi atau sekat ini akan memberikan kesan pembedaan ruang, tanpa mengorbankan cahaya dan sirkulasi udara. Partisi imaginer  bisa dibuat dari kayu bekas, yaitu dolken.

Lantai, split level sampai karpet.
Untuk membedakan ruangan sebenarnya kita tidak melulu harus memasang sebuah partisi.. Selembar karpet lebar di ruang keluarga  sudah cukup untuk menandakan pembedaan ruang dengan ruang lainnya. Selain itu kita juga bisa memasang jenis keramik/warna cat dingding yang berbeda dari satu ruang ke ruang lain. Untuk penyimpanan barang kita bisa membuat salah satu bagian dari ruang ditinggikan dengan lantai kayu yang bisa difungsikan sebagai storage. Misalnya saja tempat untuk menyimpan karpet dan keperluan lainnya.

Sumber Kutipan: annahape.com/
Sumber gambar: designbyeduard.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Interior Sekat Rumah Minimalis Praktis Pengganti Tembok