Kamis, 04 Juni 2015

Contoh Pertimbangan Desain Rumah Yang Fungsional Sepanjang Waktu

Contoh Pertimbangan Desain Rumah Yang Fungsional Sepanjang Waktu
Dalam sebuah rumah, tentu saja anggota keluarganya akan bertumbuh. Dari anak-anak menjadi dewasa dan yang dewasa akan beranjak menuju usia senja. Akan sangat menarik kalau konsep rumah yang akan dibuat mempertimbngkan keragaman usia penghuninya. Kita harus sadar kondisi kesehatan dan keberadaan rumah yang ramah lingkungan. Untuk itu  dibutuhkan rumah yang bersahabat untuk setiap penghuninya. Misalnya saat adan anggota keluarga yang sakit, tentu diperlukan kondisi rumah yang memudahkan aktifitasnya di dalam rumah. Jadi apapun kondisi fisik Anda, apakah muda atau tua, pendek atau tinggi, sehat atau sakit,  maka penataan rumah harus bisa dinikmati semuanya. Jadi apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih desain rumah? Ini dia: 

·           Tidak ada anggota keluarga yang perlu menggunakan tangga untuk masuk ke rumah atau menuju ke dalam  kamar utama rumah.
·           Sebuah denah ruamh sebaiknya tersedia dalam beberapa gaya, fitur dan manfaat. Efisiensikan penggunaan ruang termasuk perencanan lantai dan jumlah kamar tidur.
·           Buatlah sebuah  pintu yang lebar agar setiap orang dapat leluasa untuk keluar masuk rumah.
·           Adanya ruang terbuka yang luas akan memudahkan Anda untuk mendekorasi ulang ruangan.
·           Lantai dan bathtub dengan permukaan yang tidak licin  untuk menghindarkan resiko terpeleset atau kecelakaan lainnya.
·           Permukaan  lantai yang rata agar tidak ada yang tersandung.
·           Ventilasi  yang baik, terutama di tangga, ruang bawah tanah dan ruang lainnya  yang tidak mendapatkan banyak cahaya alami. Pillihlah lampu yang terang  namun tidak boros energi agar tidak menyebabkan tagihan listrik membengkak.
·           Desain gagang pintu dengan model tuas atau pintu yang bisa geser agar memudahkan untuk membuka pintu.
·           Lemari berukuran besar bisa menampung lebih banyak barang.
·           Bila rumah anda bertingkat dua, pastikan kalau anak tangga sudah cukup lebar dan aman bagi  anak-anak kecil atau orang tua.
·           Dapur yang fungsional adalah kunci penting untuk menikmati kehidupan di dalam rumah.
·           Gunakan  kran dengan tuas bukan tombol-tombol untuk daya tahan, efisiensi dan kemudahan penggunaan. 

Gaya hidup dan kebutuhan anggota keluarga akan berubah saat setiap orang mengalami fase tertentu dalam hidupnya. Karenanya pastikan desain dalam ramah mendukung kebutuhan setiap anggotanya yang terdiri dari berbagai usia yang mempunyai kebutuhan berbeda. Dengan mempertimbangkan ini, Anda tidak perlu sering-sering merenovasi rumah untuk penyesuaian kondisi penghuninya.

Sumber:  www.emporiohouse.com

 Gambar: uniquehomeinteriordesignideas.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Pertimbangan Desain Rumah Yang Fungsional Sepanjang Waktu