Sabtu, 18 April 2015

Menentukan Pembagian Ruang Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana

Memiliki rumah dengan desain minimalis sederhana tidak selalu identik dengan keterbatasan dana. Dengan berbagai referensi yang bisa kita dapatkan baik dengan membaca majalah  griya, atau browsing di internet. Desain rumah dengan berbagai oramen dan pelengkap lainnya yang sesuai dengan selera pemiliknya menjadikan fungsi rumah terasa lebih estetis.

Anda sudah punya anggaran untuk memiliki rumah minimalis namun masih kebingungan dalam memilih desainnya? Sejatinya rumah dengan konsep simple lebih menitikberatkan pada manfaat dari tiap-tiap ruangan yang ada sebagai sisi dari rumah itu.

Sebelum memutuskan rancangan rumah minimalis wajib bagi kita untuk memetakan filosofi dan karakter pribadi pemilik rumah.Rumah minimalis yang condong lapang serta kosong hanya cocok untuk orang-orang yang mengutamakan kebutuhan suatu hal yang mendasar dan mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Tentu hal ini tidak akan berlaku jika anggota keluarga anda ternyata jumlahnya lumayan banyak.
.
Tidak sedikit lho orang-orang yang memiliki hasrat untuk menata dan mengoleksi berbagai pernak pernik di rumah mereka. Misalnya saja  lukisan, foto kenangan setiap anggota keluarga atau dekorasi lain yang menghiasi dinding dan sudut rumah lainnya. Namun juga jumlah anggota keluarga perlu menjadi pertimbangkan saat memutuskan pembagian ruangan di dalam rumah.
Keterbatasan lahan pada rumah minimalis bisa disiasati dengan menambah ruang ke atas alias menjadikan rumah anda terdiri dari dua lantai. Pada rumah yang menganut konsep minimalis dengan dua  lantai, untuk lantai paling bawah biasanya  ditujukan untuk ruangan tamu, dapur, garasi, kamar mandi. Sementara itu fungsi lantai dua lebih ditujukan untuk tempat tidur  dan area keluarga. Bila jumlah keluarga tidak terlalu banyak, tentunya penempatan ruangan tidur di lantai dua tidak perlu terlalu banyak. Karenanya keterbatasan luas tanah bukan lagi masalah buat calon pemilik rumah dengan konsep minimalis. Untuk saat ini,  sudah banyak developer yang memberikan kebebasan konsumennya untuk menata sendiri ruangan sesuai kebutuhan. Kita  bisa ikut terlibat dalam penentuan belanja bahan bangunan, pemilihan cat dan penataan ruangan yang sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga.

Sumber kutipan:
http://siswantoaseli.blogspot.com/2013/12/sketsa-denah-rumah-minimalis-sederhana.html
sumber gambar: http://minimalisrumah.net/19/denah-rumah-minimalis-mungil-dan-nyaman.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menentukan Pembagian Ruang Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana