Jumat, 29 Mei 2015

Tips Praktis Menata Interior Desain Rumah Minimalis

Anda sedang bingung bagaimana menata interior rumah? Jangan dulu. Kalau tahu triknya, meskipun ukuran rumah Anda termasuk yang minimalis, Anda tidak akan mengalami kesulitan Coba simak tips berikut.

Pilih desain sesuai selera pribadi
Tahukah Anda kalau desain rumah  mencerminkan kepribadian? Rumah adalah tempat yang akan Anda tinggali, dan meskipun sebentar, sebaiknya rumah dapat memberikan kenyamanan bagi Anda untuk beristirahat. Untuk desain interior rumah, gunakanlah warna favorit Anda. Warna yang sebaiknya digunakan adalah tiga agar ketika memasuki dan memandang sekeliling rumah, mata Anda tidak cepat lelah.

Kebanyakan para pekerja di kota besar memilih desain interior yang minimalis. Sementara penduduk yang tinggal di kota kecil atau pedesaan, cenderung memilih gaya desain yang klasik. Walau begitu, bukan berarti kaum urban tidak menyukai gaya desain yang klasik. Tuntutan kebutuhan yang praktis dan selera yang berseni menjadikan  para eksekutif kaum urban kini cenderung memadukan gaya minimalis dan klasik untuk menata interiornya.

Interior bergaya klasik biasanya dijumpai pada lampu meja, karpet, dan tempat tidur. Sementara, interior model minimalis biasanya dipilih untuk lemari, rak, meja, maupun sofa.

Pilih interior yang praktis
Model interior yang praktis juga bisa  menghemat pemakain ruang, terutama untuk yang tinggal di perkotaan dengan luas rumah yang terbatas.  Di samping itu, kebanyakan interior saat ini banyak yang bersifat multifungsi. Misalnya sofabed yang dapat digunakan sebagai sofa maupun tempat tidur. Ada juga sofa yang memiliki laci di bagian dasarnya sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Ada juga meja makan bisa digunakan juga sebagai meja kerja. Atau desain meja makan yang memiliki rak dan laci sehingga bisa digunakan untuk menyimpan perangkat makan sehingga lebih mudah diambil saat hendak digunakan.

Sesuaikan dengan lingkungan
Sesuaikan juga interior ruangan  dengan lingkungan di sekitar rumah Anda. Kalau lingkungan rumah Anda termasuk areal dengan banyak ruang terbuka hijau, sebaiknya pilih interior yang tidak banyak menggunakan bahan kayu tipis agar interior bersifat tahan lama.

Sementara itu bila lingkungan rumah Anda cenderung lembab, hindari penggunaan interior berbahan besi karena mudah berkarat dan tidak tahan lama. Pastikan juga, rumah Anda telah disemprot dengan pelindung rayap, sehingga akan tetap aman meski Anda memilih interior berbahan kayu.

Minta Pendapat orang lain
Masih ragu dengan pilihan? Cobalah untuk mengonsultasikan dengan desainer tempat Anda membeli furnitur. Gerai furnitur terkemuka biasanya menyediakan fasilitas konsultasi bagi para calon pembeli. Sampaikan keterangan dan informasi rumah Anda seperti luas ruang dan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk menyertakan keterangan pakah ada anak kecil atau manula di rumah, agar memudahkan konsultan tersebut dalam memilih interior yang sesuai untuk kebutuhan Anda dan keluarga.

Sumber: liputan6.com

Gambar: www.krisallendaily.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Praktis Menata Interior Desain Rumah Minimalis